Homeschooling

 

Ada beberapa klasifikasi Homeschooling yaitu:




Homeschooling Tunggal

Adalah suatu format layanan pendidikan yang dilakukan orangtua /wali dalam
suatu keluarga terhadap anak-anaknya di rumah maupun di tempat-tempat
lain yang menyenangkan dimana orang tua/wali dengan sengaja tidak
bergabung dengan keluarga lain.
Tantangan yang dihadapi Homeschooling Tunggal antara lain diambil dari
Buku komunitas sekolahrumah (Direktorat Pendidikan Kesetaraan):
1. Tidak ada tempat sosialisasi terutama bagi anak-anak yang
memerlukan tempat mengekspresikan diri sebagai syarat
pendewasaan kepribadian anak. ( ini menjadi Tantangan bagi
orang Tua agar bisa mengadakan kegiatan yang bisa bersosialisadsi )
2. Tidak ada dukungan yang bisa menjadi tempat bertanya, berbagi dan
sebagai pembanding keberhasilan proses belajar mengajar.
3. Orang tua harus menyelenggarakan sendiri penilaian terhadap hasil
pendidikan atau mengusahakan sendiri kesetaraan dengan standar
pendidikan formal atau standar yang ditetapkan komunitas
Sekolahrumah yang ada.





Sekolah rumah Majemuk

Adalah suatu format layanan pendidikan yang dilaksanakan oleh
orangtua/wali dari dua atau lebih keluarga yang tidak selalu saling bertalian
keluarga melakukan suatu kegiatan sekolah rumah dimana kegiatannya
dibentuk dan dikelola secara lebih teratur dan terstruktur.
Tantangan yang dihadapi Sekolahrumah Majemuk antara lain diambil dari
komunitas sekolahrumah (Direktorat Pendidikan Kesetaraan):
1. Diperlukan kompromi dan fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal,
suasana dan fasilitas tertentu yang dapat menampung beberapa anak
dalam jumlah keluarga pada saat kegiatan dilaksanakaan bersamasama.
2. Dalam kelompok yang lebih besar, maka anak-anak anggota
sekolahrumah Majemuk harus diawasi, dibimbing atau dilatih oleh
seorang yang ahli dalam bidang tertentu tersebut walaupun kehadiran
orangtua harus tetap ada.3
3. Anak-anak dengan keahlian atau kegiatan khusus harus juga bisa
menyesuaikan dengan lingkungan lainnya dan menerima perbedaanperbedaan
lainnya dalam proses pembentukan jati diri.
4 Walaupun melakukan beberap kegiatan dengan keluarga
sekolahrumah lainnya, tetapi orangtua masing-masing Sekolahrumah
harus menyelenggarakan sendiri penilaian terhadap hasil pendidikan
atau mengusahakan sendiri kesetaraan dengan standar pendidikan
formal, standar pendidikan nonformal atau standar yang ditetapkan
oleh komunitas Sekolahrumah yang ada.





Sekolah Rumah Komunitas


Komunitas sekolahrumah adalah gabungan sekolahrumah majemuk yang
memiliki komitmen pengajaran dengan perbandingan tertentu antara
komunitas dan orangtua yang menyusun dan menentukan silabus serta
bahan ajar bagi anak-anak sekolahrumah termasuk menentukan beberapa
aktifitas dasar (olahraga, musik/seni, dan bahasa) serta fasilitas dan proses
belajar dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu.
Namun ada juga Komunitas yang membantu Orang Tua yang ingin melakukan
HS dengan kesepakatan-kesepakatan tertentu.. dan mendorong pada saatnya
nanti… bisa menjadi pembelajar yang mandiri…