November 30, 2011

ASAHPENA apa kiprahmu..?




Asahpena .. oh ..
Mungkin bila ada yang belum tahu apa itu ASAHPENA...
Asahpena = Asosiasi sekolah rumah dan pendidikan alternatif Indonesia yang pada tahun 2007 melakukan kesepakatan kerjasama dgn keluarlah MOU bersama dengan DIRJEN PLS pada tanggal 10 Januari 2007 bernomor 02/E/TR/2007 dan 001/1/DK/AP/07 maka dengan berbekal MOU itu terbentuklah beberapa DPW Asahpena di berbagai daerah.., ada di Kalimantan, Jawa Timur Hingga jawa Barat hingga Sumatra.
Terbentuknya Asahpena ini juga banyak cerita yang bisa diungkapkan.. mulai dari terbentuk dari sekelompok pembelajar mandiri di suatu kota yang menjadikan Asosiasi ini sebagai jembatan untuk pengurusan kegiatannya ke DINAS, ada juga terbentuk karena Kebijakan pimpinan daerah untuk memfasilitasi anak-anak jalanan (Anjal) seperti di Balik Papan,keluarga wiraswasta yg melayani kebutuhan di lungkungannya, ada juga yg melayani anak-anak nelayan dan banyak lagi yang lain...
Namun diantaranya ada juga yang hanya cuman launching.. namun setelahnya tidak ada kabarnya lagi.. karena mungkin masing-masing pengurusnya sudah repot dengan kegiatannya sendiri-sendiri... ya lumrah saja karena ini hanyalah sebuah Asosiasi yang tidak ada dana.. dan malah pengurusnya yg harus merogoh kantongnya untuk mengadakan pertemuan atau sekedar Audensi dengan beberapa pemilik kebijakan.
Terus... diantara puluhan itu ada yang terus bergulir berbuat sesuatu...? tentu aja ada....!! Contoh...: kegiatan edukasi pada masyarakat sekitar Malang pada beberapa Radio lokal dan telivisi..., ada juga kegiatan Pendampingan pembuatan kurikulum yg inovatif pada Sekolah dolan dan beberapa PKBM di kota Malang oleh PUSKUR dan DINAS pada tahun 2008-2009,ada jg anggota Asosiasi ini yg bisa membuktikan menjadi juara PKBM Nasional, pada tahun 2010 kawan kawan Asahpena Tangsel memelopori kegiatan Ujian Online dengan melayani seorang anak Hs dari Abudabi dan ini akhirnya yang menjadi cikal bakal UNSR yang dilaksanakan serentak di berbagai Kota Yogja, Malang dan Tangerang Selatan.
Pada perjalanannya... beberapa Pengurus Asahpenapun keluar masuk. atau berganti dan melakukan penyegaran...(wajarlah sebagai suatu Organisasi)..
Mungkin ada yang berharap lebih dari Asosiasi ini.untk mendapatkan sesuatu, atau tidak lagi sevisi dengan kegiatan yang dilakukan mulai kabur dan tidak menganggap suatu yg penting. he he .. biasa saja lah... ( hingga ada telepon kok ada yang pada ribut dengan ASAHPENA wong pengurusnya aja ada yg mengganggap gak penting...?????)
Beberapa kebijakan pemerintah yang lebih mengatur pelaksanaan kegiatan belajar mandiri... mulai diterbitkan... , dan hal ini tak luput dari perhatian Asahpena.. dan kitapun tidak diam kita coba mempertanyakan dan memberikan beberapa masukan sebagai langkah untuk mengawal kebijakan tsb. untuk berfihak pada pembelajar mandiri...!!
Namun mulai dari Syarat IQ, Akselerasi hingga batasan umur dll. semuanya tidaklah mudah untuk diselesaikan dan di negoisasikan.. dan mungkin butuh waktu ...
Perjalanan ASAHPENA yang penulis lakukan di Kota Malang juga pasang surut... diawali dari pelantikan tahun 2007 .. hanya beberapa orang saja yang terus beraktifitas... karena Insya Allah banyak yang pada sibuk... dengan kegiatannya masing-masing.
namun karena kami tetap konsisten dengan anak-anak yang HS maka beberapa kegiatan sosialisasi di berbagai media tetap kita lakukan.., meski tidak rutin.. namun ini adalah sebagai bentuk ingin mendapatkan pengakuan dari masyarakat yang banyak mempertanyakan bahkan mencibir kita.
Seiring dengan waktu... kami terus berhubungan dengan Asahpena wilayah lain yang terus berinovasi dan berbuat.. maka mulailah beberapa media meliput kami Asahpena dan sekaligus Sekolah Dolan sebagai aplikasi dari Sekolah Alternatif dibawah Asosiasi tsb. Koran lokal seperti Koran Pendidikan, Malang Pos hingga Jawa Pos dan beberpa Majalah pendidikan Jakarta menjadikan topik berita..., gak kalah dengan koran media TV lokal seperti JTV,DHarma TV, ATV, Malang TV, CRTV dan NDTV hingga TV nasional KOMPAS TV dan METRO TV pun mengundang kita untuk sekedar Talkshow dll.
Asahpena pun juga sudah membantu beberapa anak-anak yang sudah kuliah di berbagai PTN dan PTS... karena berkat MOU tsb. kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan dan koordinasi dengan DINAS setempat.
Semoga.. akan muncul Asosiasi lain yang mungkin bisa menjadi mitra DINAS ataupun teman sharing Asosiasi ini.. yang lebih hebat...!! kita tunggu... karena sebenarnya pernah ada dan launching Asosiasi yang kita harapkan bisa berbuat....lebih dari .ini... Salam Dahsyat...!!!!

1 comment:

  1. AsahPena jelas sangat membantu para pesekolahrumah, baik yang menjadi anggota asosiasi atau bukan. Karena perjuangannya adalah untuk terus meningkatan pelayanan pendidikan bagi para pesekolahrumah dan pendidikan alternatif; bagi semuanya.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Semua Komentar Anda